PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENDAPATKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Dede Delisda, Deddy Sofyan

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah membandingkan dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran Snowball Throwing dan Pembelajaran konvensional untuk melihat sejauh mana kedua model pembelajaran tersebut berperan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Peneliti ingin melihat apakah prestasi belajar siswa yang mendapatkan model Snowball Throwing lebih baik dibandingkan dengan yang mendapatkan model konvensional. Metode yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen, yaitu dengan cara memberikan perlakuan pada dua kelas sampel yang berbeda. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 15 Garut dengan sampel kelas dipilih secara acak yaitu X-6 dan X-8.Instrumen yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa yaitu berupa tes objektif, diberikan sebelum peneliti memberikan perlakuan (pre-test) dan sesudah perlakuan (post-test).Berdasarkan hasil penelitian tes awal terdapat data yang tidak berdistribusi normal pada keduanya sehingga pengolahan data dilanjutkan dengan Uji Mann Whitney Selain itu penelitiani ini juga mengulas mengenai kategori peningkatan prestasi belajar siswa kelas eksperimen antara kelompok tinggi, sedang, dan rendah dengan hasil peningkatan pada masing-masing kelompok tergolong sedang.

Kata kunci : Model Snowball Throwing, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. dan Supriyono, W. (2004).Psikologi Belajar.Bandung : PT Rineka Cipta

Agustin, D. (2006). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara yang Mendapatkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing denganPembelajaran Konvensional. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut: Tidak diterbitkan

Dahrian, R. (2010). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Treffinger Dengan Konvensional. Skripsi Pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut : Tidak diterbitkan

Gantini, H.S. (2006). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan pembelajaran Talking Stik dengan Pembelajaran Konvensional. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Handayani, V. (2009).Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Ilawati, I. (2009). Perbandingan Prestasi Belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwingdengan model pembelajaran konvensional. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Misbah, J. (2010). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika siswa antara yang Diberi Tugas Merangkum Sebelum dan Sesudah Kegiatan Mengajar.Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Mukmin,A. (2006). Perencanaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset.

Mulyasa, E. (2006).Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset.

Mu’minat, A. (2010). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Nurhayati, N. (2007). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif dalam Upaya Meningkatkan prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Purwanto, N. (1990).Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar KepadaMembantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sanjaya, A. (2011). Pengertian Prestasi Belajar. [Online]. Tersedia: http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/02/prestasi-belajar.html. [17 Juni 2011].

Sudjana.(2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Suhana.(2009).Konsep Strategi Pembelajaran.Bandung:PT Refika Aditama.

Sukmadinata, N.(2006).Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Surya, M. (2009).Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran.Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Syah, M. (2006).Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mosharafa Vol. 3, No. 2, Mei 2014