PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA BIDANG MATEMATIKA

Bambang Sadiyono

Abstract


ABSTRAK

Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika, salah satu caranya adalah dengan menggunakan pendekatan CTL, karena dalam pendekatan CTL disamping pembelajarannya dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari, anak juga dituntut aktif dalam memecahkan masalah. Dalam penelitian ini desain penelitiannya yang digunakan adalah deskriftif korelasional dari hasil penelitian diperoleh hubungan yang signifikan antara pendekatan CTL dengan prestasi belajar siswa dibidang matematika sebesar 0,612.
Ini menunjukan tingkat korelasinya sangat kuat dimana fhitung(7,198) > ftabel (4,75) sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan CTL dengan prestasi belajar siswa dibidang matematika.

Keywords


Mathematics Education

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1991). Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta

Howey, Kenneth, et all. (2001). Contextual Teaching And Learning : preparing Teacher to Enchance Student Succes in the Workplace and Beyond. Washington: American Association of College for Teacher Education.

Depdiknas, (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Ridwan, (2007). Metode dan Teknik Penyusunan Tesis, Bandung : Alfabeta.

Ruseffendi,E.T, (1991). Pengantar Kepala Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Tarsito Bandung.

Senjaya, Wina. (2006). Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Suparno, Paul. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jakarta : Kanisius


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mosharafa Vol. 3, No. 2, Mei 2014