PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA ANTARA YANG MENDAPATKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN KONVENSIONAL

Dewi Rahmayanti

Abstract


ABSTRAK
Dalam penelitian ini, peneliti membandingkan dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran student facilitator and explaining dan pembelajaran konvensional untuk melihat sejauh mana kedua model pembelajaran tersebut berperan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Kemampuan komunikasi matematik yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah komunikasi tertulis. Sedangkan untuk kemampuan komunikasi lisan dapat dilihat ketika proses pembelajaran, yaitu berupa kemampuan siswa dalam menyampaikan ide atau pendapatnya. Sehingga dengan demikian, yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini yaitu kemampuan komunikasi tertulis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil perbandingan komunikasi matematik siswa yang mendapatkan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: student facilitator and explaining, kemampuan komunikasi matematik

Keywords


Mathematics Education

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, J. (2010). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-B SMPNegeri 3 Cisewu Melalui Model Pembelajaran Student Fasilitator and Expalining. Skripsi STKIP : tidak diterbitkan.

Hanafiah, dan Suhana. (2009). Konsep strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama.

Herdian. (2010). Kemampuan Komunikasi Matematika. [online]. Tersedia : http://herdy07.wordpress.com. Html [30 Maret 2011]

Isjoni. (2010). Cooperatif Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung : Alfabeta.

Kiranawati. (2007). Guru PKN Belajar Menulis. [online]. Tersedia : http://wordpress.com. Html [30 Maret 2011]

Nolita. (2010). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Centered Learning dengan Konvensional. Skripsi STKIP : tidak diterbitkan.

Rbaryans. (2007). Komunikasi dalam Matematika. [online]. Tersedia : http://rbaryans.wordpress.com. Html [30 Maret 2011]

Rinawati, R. (2010). Perbandingan Kemampuan Komunikasi matematik Antara Siswa yang Mendapatkan Pembelajaran Think- Talk- Write (TTW) dengan Pembelajaran Konvensional. Skripsi STKIP : tidak diterbitkan.

Ruseffendi, H.E.T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan

Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsit

Sofyan, D. (2008). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalahdan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis UPI : Tidak Diterbitkan.

Sudrajat, A. (2008). Model Pembelajaran Inovatif. [online]. Tersedia : http://wordpress.com. Html [01 Februari 2012]

Suhendar. (2010). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa yang Menggunakan Metode Kerja Kelompok dengan Konvensional. Skripsi STKIP : tidak diterbitkan.

Suminar. (2007). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Berbalik (Resiprocal- Teaching). Skripsi STKIP : tidak diterbitkan.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model- Model Pembelajaran. Jakarta : IPA Abong.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mosharafa Vol. 3, No. 1, Januari 2014